Sabtu, 19 Mei 2012

Cara Mengetahui Username dan Password Speedy Yang Hilang

Speedy merupakan salah satu broadband internet access yang menurut saya masih menjadi yang terbaik diantara semua provider yang ada di Indonesia ini, terlepas dari pendapat orang - orang yang katanya lemot, sering macet, dan lain sebagainya. Tapi, kita tidak boleh melihat suatu hal itu dari sisi lemahnya saja, masih banyak sisi baik yang mungkin masih kurang disadari atau mungkin malah tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Salah satu kelebihan yang saya suka dari si Speedy ini adalah memakai username dan password yang berbeda di tiap tiap pemakainya. Sehingga tidak sembarangan orang dapat memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak diinginkan apalagi jika koneksi nya support dengan yang namanya Wi-Fi, maka tidak salah jika para hacker dari kelas teri sampai yang master tergiur untuk membobolnya.


Suatu hari teman saya yang punya warnet mengeluhkan koneksi internet di warnetnya mengalami gangguan alias tidak normal, kadang putus kadang nyambung. Lalu saya menyarankan dia untuk cek kondisi lampu modemnya seperti yang diajarkan mbak CS speedy di 147, dalam hal ini dia memakai modem TP-LINK TD 8817 dan ternyata benar, semua lampunya normal kecuali lampu LAN nya yang kadang mati kadang nyala, sudah diutak atik kabelnya diganti kabel lain masih tetap sama tidak mau nyala. Akhirnya saya suruh untuk mengkoneksikan ke komputer tanpa perantara HUB dan hasilnya adalah lampunya bisa nyala normal dan kenceng dipake browsing. Masalah tidak berhenti sampai disitu, karena tidak lewat HUB maka yang bisa browsing hanyalah satu komputer saja, sementara komputer yang lain hanya bisa menjadi penonton dan yang pasti nganggur.

Satu-satunya jalan yang paling mudah dan cepat adalah dengan mengganti modemnya dengan yang baru, loh....kenapa ngga' colokan LAN nya aja yang diganti, bukannya apa-apa, tapi terkadang kerusakan satu komponen biasanya juga mempengaruhi kerusakan komponen lain, oleh karena itu mending diganti aja modemnya daripada menyesal di tengah jalan. Masalahnya disini, temen saya tidak menyimpan username dan password nya, kalaupun tanya ke layanan 147 pasti pihak Telkom akan menyarankan untuk reset password dan biasanya dikenai biaya 30 ribu, wah cukup tuh buat beli pulsa sebulan untuk internetan di handphone pribadi. Akhirnya saya sarankan untuk menggunakan cara dibawah ini.

Berikut trik untuk melihat username dan password yang tersimpan di dalam modem TP-LINK TD 8817 dan mungkin juga bisa berlaku untuk merk lain.

1. Masuk Command Prompt di menu start-program-accesories-command prompt.
2. Sambungkan modem dengan komputer, bisa memakai LAN atau USB.
3. Di jendela Command Prompt tadi, ketikkan : Telnet 192.168.1.1 lalu tekan Enter di keyboard.
4. Jika sukses akan muncul tulisan " Login ", ketikkan password modem nya (secara default user admin password admin, kecuali sudah dirubah) lalu tekan Enter.
5. Jika password benar, maka anda akan langsung masuk ke dalam konfigurasi modem dengan tampilan DOS ditandai dengan muncul tulisan " TP-LINK > ".
6. Untuk melihat isinya anda tinggal mengetikkan " show all " lalu Enter, cari tulisan PPP Username yang merupakan username modem anda dan PPP Password yang merupakan password modem anda.

Dan akhirnya sejak kejadian tersebut, saya menyadari betapa berharganya sebuah password, maka dari itu buat pembaca blog saya, jagalah baik-baik password anda, kalau perlu simpanlah di brankas yang tahan api, tahan gempa, dan tahan godaan.

103 komentar:

  1. Kok gk bsa Telnet 192.168.1.1 nya ???
    gmn nie

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin IP speedy anda bukan 192.168.1.1 coba anda ketik di command prompt: ipconfig lalu "Enter" cari tulisan Default Gateway, sebelah kanannya adalah IP speedy nya.

      Hapus
    2. alo username n passwd da dganti dmn mncarinya mas?

      Hapus
    3. Mungkin maksud anda password untuk login ya? Klo udah diganti biasanya saya pke cara terakhir. Yaitu tlp ke telkom corporate untuk reset password modemnya. tapi nanti kita harus set ulang di modemnya dengan cara tusuk tombol reset dibelakang modem, nanti password nya akan balik lagi ke "admin".

      Hapus
    4. Gan, sya sdh ketik default gate awaynya tapi ttap tdak mncul tlisan log in jga ?
      Tlong dibantu

      Hapus
    5. cba diketik: ping (spasi) gatewaynya, misal: ping 192.168.1.1 lalu tekan 'Enter' kalau muncul tulisan Reply from 192.168.1.1 bla...bla..bla semestinya tdk ada msalah, tapi kalau yg muncul 'Requested timed out' maka kemungkinan gateway speedy nya salah.

      Hapus
    6. kalo telnetnya gak ada : 1. Buka Control Panel, di bagian Programs, klik Uninstall a program
      2. Lalu klik Turn Windows features on or off
      3. Centang bagian Telnet Client dan Telnet Server, dan klik Ok
      Ditunggu beberapa saat sampai selesai.

      Hapus
    7. thank mas?? udah bisa thank idea'y

      Hapus
    8. bagaimana cara mengetahui jika passwornya sudah diganti??

      Hapus
  2. Gann,,,

    G.mna klu password adminnya udhh d.ganti??
    tolong solusinya Gan...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang saya bilang diatas tekan tombol reset dibelakang modemnya nanti akan kembali menjadi "admin" lagi. Cuma semua settingan akan kembali default dan harus disetting ulang agar bisa dipakai browsing.

      Hapus
    2. hhmmmppp . . .

      berarti klo modem di reset, username nya terkena reset lgi dong gan,,
      Maksdnxa utk usernamenya udahh terganti otomatiss dong gan, otomatis username qt udh bkn username dari telkom dong, mlainkan username Default dari pabrik modem itu sendiri donggg gan , , ,

      atau perkiraan aqqqu yg slhhh :D
      hehehe
      mohon maklum yaaa gan, sy orang awam . . .

      Hapus
    3. ya benar, jd kya memori hp yang diformat isinya pasti hilang semua datanya.

      Hapus
    4. terus gmn itu gan setting nya biar bisa browsing lagi?

      Hapus
    5. disetting ulang, bisa minta bantuan dipandu lewat layanan 147 (gratis) atau cari di google dh banyak artikel yg menyajikannya scra lengkap.

      Hapus
    6. Kalau modem Zte f660 indihome
      Bisa bantu gan gimana liat username dan passnya.sepertinya di rubah petugas telkom,kan aneh saya pelanggang tidak di beritahu pass admin modem.kalau setting dri hp android gimana gan.mohon infonya.tks

      Hapus
  3. kok tetap tidak muncul login nya? padahal ipconfig udah benar 192.168.1.1 gmana nich? minta saranya dunk!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba sambungkan langsung Modem Speedy nya ke komp. anda memakai kabel LAN langsung. Pastikan sebelumnya IP komp. anda di set automatically.

      Hapus
  4. sudah masuk ke setting modemnya tp kok ga bisa di telnet dengan username yang sudah diubah passnya.gimana brow..modemnya baru kena kilat nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo modem kena kilat, mw g mau hrs ganti modem mas. Klo pun g bs di telnet & g muncul pass nya kemungkinan udah rusak parah. Jadi saya saranin tlp ke pihak telkom aja gt....

      Hapus
  5. ini saya mau ganti pasword wifi kantor, kayanya udah banyak yang tau,.. lagi dipakai kerja lemot,.. tapi pasword amin nya ga mau login gmana gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo anda kerja di kantor lebih mudah lagi pak...
      Sebelumnya siapkan no.speedy/tlp anda.
      Lalu, tlp ke no. ini 08001835566, nanti sebutin daerah anda dan minta hubungkan ke telkom corporate cabang.
      Setelah terhubung kesana anda minta reset password speedy sesuai no.speedy anda
      Jangan lupa utk sebutin nama anda & perusahaan anda.
      Klo beruntung, 10 menit kemudian udah dpt password baru
      Stelah dpt lgsung reset modem speedynya (lwat tombol kecil dibelakangnya), dan setting ulang modemnya, beres...

      Hapus
  6. kagak bisa masuk bozz passwordnya...
    soalnya waktu itu di seting sama petugas telkom nye
    passwordnya di ganti ..gw kagak di kasih tau tuch bozz....kalau mau panggil ptgas telkom gw mesti bayar....aduuh bantuin gw donk bozz...thank's y......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek lagi di bungkus modemnya, disitu ada secarik kertas password bawaan dari telkomnya

      Hapus
  7. Kalau sudah di ketik "show all" trus di enter.. Tapi kok gak ketemu yang ada PPP Username Sama PPP Password.. Harus gimana ya kk??..
    Makasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tipe/merk modemnya apa?
      lalu tulisannya apa aja yg muncul klo diketik show all?

      Hapus
  8. Kok pas ketik telnet dan mengikuti IP sya gk bsa?
    tulisannya 'Telnet' is not recognized as an internal or external command,operable program or batch file.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berarti "telnet" services di komp. anda belum diaktifkan, caranya berbeda tergantung OS nya (Windows XP,7,8 ato linux) silahkan tanya mbah google untuk penjelasannya.

      Hapus
    2. Kok pas ketik telnet dan mengikuti IP sya gk bsa?
      tulisannya 'Telnet' fail :192.168.1.1 No connection could be made because the target machine actively refused it.

      Hapus
  9. Mas, skrg kan saya lagi pegang admin wifi-speedy sama password .tapi rekan-rekan saya yang lain yang ikut pake biasanya bakal nelpon ke telkom buat nge-reset passwordnya.

    gimana ya supaya pihak telkom tuh gak bakal nge-reset passwordnya kecuali kalo saya sendiri yang minta? Mohon penjelasannya. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, itulah susahnya. Kalaupun mas Santo minta layanan khusus langsung ke pihak telkom pun saya rasa agak susah. Soalnya biasanya yang nerima tlp beda2 orangnya.
      Jadi mending mas tingkatkan aja pengamanan di modemnya, misal :
      - Mematikan settingan speedy jarak jauh
      - Taruh modem Speedy di tempat yang kira2 jarang/hanya orang2 tertentu yg boleh masuk. Misal di ruang server.
      - Kalaupun masih diisengin juga, ambil langkah tegas dengan melaporkan ke pihak atasan dan memberi sanksi kpd pelakunya.

      Hapus
  10. saya coba failed, on port 23 failed

    BalasHapus
    Balasan
    1. Failed berarti g konek mgkin gan, coba di ping dlu ke IP modemnya misal : ping 192.168.1.1 klo dapet Reply 4 x berarti konek.

      Hapus
    2. diping mau reply 4x, tp dicoba telnet ga mau gan

      Hapus
  11. mas saya udh masuk telnet trs masukin password salah trs mas kyk mana tu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. diingat - ingat dulu password nya dah pernah diganti blom? biasanya alternatif lain passwordnya "telkom,123456,1234,dll" silahkan dicoba lagi

      Hapus
  12. mas saya sdh coba setelah muncul login terus saya tulis admin tapi yg muncul pasword dan ketika saya ketik lagi admin tidak bisa diketik lagi, kenapa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. merk dan tipe modem nya apa gan? beda-beda soalnya tiap modem

      Hapus
  13. saya udah coba tp munculnya gni gan

    ======================
    Welcome to ZXDSL 831AII
    ======================

    ZTE Inc., Software Release ZXDSL 831AIIV4.2.0a_Z29_OV

    Login: admin
    Password:
    > show all
    show: not found
    >

    salah dmn ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini anda pke modem AZTEC ya klo g salah, biasanya perintahnya bukan "show all" gan, Coba setelah tanda > ketikkan "help" atau "?" ntar biasanya muncul panduannya.

      Hapus
    2. Setelah help lalu apa gan, mohon bantuannya agar bs melihat username dan oassword ppp

      Hapus
  14. mas kok keluarnya seperti ini ?? '192.168.1.1' is not recognized as an internal or external command,
    operable program or batch file. pakai telnetpun sama ?? kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. services "telnet" di komputer anda belum jalan, silahkan googling untuk cara mengaktifkannya

      Hapus
  15. klu kita reset dulu modemnya kira2 masih bisa kelihatan gak nomor ama pass speedy nya soalnya sy lupa username ama pass modemnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa gan, klo dah di reset semua settingan akan hilang, mirip format di flashdisk

      Hapus
  16. gmana bro cara mngethui username n paswordd yg udah di ganti sm pihak ptugas telkom ..tp tanpa reset

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pakai cara yang saya beberkan diatas, dengan asumsi password login nya masih default(admin)

      Hapus
    2. bos klo paswod buka modem juga lupa gim,ana solusinya bos...? no speedy juga lupa..

      Hapus
  17. kok habis ketik show all ga ada username sama passwordnya ??

    BalasHapus
  18. Tanya Bang! Kalau mau masuk ke konfigurasi modem tapi passwordnya lupa bagaimana caranya bang tanpa harus mereset modem, walau via tlp 147 bisa, tapi kan agak ribet bang...
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya belom ada cara bwt nembus jendela login tsb, dan drpada pusing2 mending tlp ke telkom aja, skalian latihan merayu, hehehe

      Hapus
  19. gan mohon di bales, modem ga bisa di konek-in kcuali sblom yg punya pindah -__- , pas yg punya pindah yg udah konek wifi bisa di pake , kalo yg blom di konek-in ga bisa o_O padahal passwordnya bener. Lalu gua coba password yg laen eh tetep tulisannya connected meskipun ujungnya acquiring dan dis-con. tolong gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ni yg g konek modem ke internetnya ato komputer ke modemnya gan? brangkali bs diperjelas

      Hapus
  20. gan ane dah masuk di telnet PPP Username nya ada kelihatan tapi PPP passwordnya ga keliatan cuma titik2 aja,ane dah ulang beberapa kali tp tetep masih ga kelihatan itu kenapa ya gan...? Mohon pencerahannya..makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa disebutkan merk dan tipe modemnya? klo yg saya pake diatas merk TP_LINK TD-8817

      Hapus
  21. bos klo passwod buka modem dulu pernah saya ganti tp lupa, gmn caranya buka modem bos,.. tanpa harus reset modem...>? makasih pencerahannya bos..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksudnya password login nya ya? setau saya direset adalah satu2 nya cara utk mengembalikan setingan awal

      Hapus
  22. gan...speedy saya kemaren kena unidentified network...tapi saya pencet tombol reset modem speedy...saya liat ke 192.168.1.1 username sama password saya kereset..gmn cara dptin username dan password lgi??
    sampe skrg ga konek cuman LAN ADSL aja...internet ga bisa2

    BalasHapus
  23. gan klo spedy saya sama gan dgn anonim d atas gw gmn gan mohon d bantu ya gan TERIMAKSIH DULU sebelumnya

    BalasHapus
  24. ma'af Gan.... saya coba berkali kali sesuai instruksi di atas tetep gk bisa, mulai dari pasword 123456,1234,telkom,admin,user.... meski saya reset tombol dibelakang hasilnya password salah ....
    mohon bimbingan Gan....

    BalasHapus
  25. maaf gan ini saya udah berhasil masuk ke telnet 192.168.1.1 suruh login kan saya masukin admin nas pas mau ketik dipassword itu diketik apapun ga bisa, huruf yang dari keyboardnya ga muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagian modem memang g ditampilkan untuk passwordnya, ketik aja lalu tekan 'Enter'

      Hapus
  26. udah nyoba' username n password pake : "admin" , "user" . tetep aja gabisa

    BalasHapus
  27. Kalo modem SANEX gimana gan? Saya coba cara yang sama tapi gak bisa, mohon pencerahan

    BalasHapus
  28. Modem saya TP Link w8951nd mau liat passwordnya tapi setelah ikutin langkah diatas ga muncul user name sama passwordnya, sudah nelfon 147 tapi password ga dikasi.. Ada cara lain ga untuk bisa tau passwordnya

    BalasHapus
  29. cara mereset name and pasword di TO LINK 8871 gmn cranya
    n cara mengetahui paswordnya gmn jga caranya
    pasword hilang

    BalasHapus
  30. jika user : admin dan pasword : admin tidak mau juga gamana caranya bro mohon bantuanya

    Balas

    BalasHapus
  31. Bang gimana caranya buka paswordnya dari tadi enggak bisa , tolong dibantu

    BalasHapus
  32. gak bisa login di telnet
    padahal login di web browser bisa

    BalasHapus
  33. Pas masuk telnet minta login ane masukin admin psword admin balasanya login incorrect gmn ya gan? Modem ane huawei hg532e

    BalasHapus
  34. bro kok gini ya "could not open connection to the host, on port 23: connect failed "

    BalasHapus
  35. Gan.. passwordnya gak bisa dimasukin.. malah diam kursornya.. gak jalan... kenapa gan ? wifi ane tipe HG532e ip : 192.168.1.254 .. Login : Support

    BalasHapus
  36. thank mas atas idea'y ???

    BalasHapus
  37. kalau modemnya sudah direset tidak bisa lagi yah ?

    BalasHapus
  38. Sudah bisa login gan, cuma paspor nya di
    Lindumgi bintang bintang

    BalasHapus
  39. Cara. Liat paspor nya gimana gan, tlng di bantu

    BalasHapus
  40. Sudah bisa login gan, cuma paspor nya di
    Lindumgi bintang bintang

    BalasHapus
  41. mohon bantuannya gan.saya sudah reset ulang TPLINK tpi masih gak bisa masuk menu TPLINK minta solusi dan bantuannya..saya menggunakan TPLINK WA5210G.maksih sebelumnya

    BalasHapus
  42. Dgn telnet di dapt 123456789@telkom.net password abcde, tapi tetap tidak dapt login / akses kembali minta user dan password??? knapa yoouw????

    BalasHapus
  43. Dgn telnet di dapt 123456789@telkom.net password abcde, tapi tetap tidak dapt login / akses kembali minta user dan password??? knapa yoouw????

    BalasHapus
  44. kok kalau masuk tulisannya suruh masukin Paswordd di cmd padhal proses nya udah bener,Merk Wifi TD-W8151N.

    BalasHapus
  45. Saya udh coba telnet 192.168.1.1 masuk kan minta login, saya ketik ID nya admin, trus passwordnya g bisa di ketik/di pencet gak keluar asterik atau apapun di cmd nya, g mana ya gan?

    BalasHapus
  46. Gan, kalau modem terdahulunya rusak dan gak bisa hidup, cara cari username passwortnya gimana ya? Modem terdahulu TPLink saya ganti dengan modem Tenda.

    BalasHapus
  47. Gan, kalau modem terdahulunya rusak dan gak bisa hidup, cara cari username passwortnya gimana ya? Modem terdahulu TPLink saya ganti dengan modem Tenda.

    BalasHapus
  48. min gimna klo usernme dan password telkom.a udah di ganti?

    BalasHapus
  49. podo ae cak, gak ngefek, seng dibutuhno password melbune duduk ndelok pas wes ndk jerone

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. gan minta bantuan saya sudah ikuti semua cara diatas tapi muncul tulisan Connecting To 192.168.1.1...Could not open connection to the host, on port 23: Connect failed gimana solusinya gan?

    BalasHapus
  52. itu biasanya firewallnya di atur tingkat tinggi mas yoichi...jadi port 23 ke tutup

    BalasHapus
  53. terus kalau firewall diatur tingkat tinggi solusinya gimana?
    saya punya masalah yang sama...

    BalasHapus
  54. Gan, ada yang tau pass default ssh atau telnet router huawei hg532e, apa pass sama dengan login http nya ?

    BalasHapus
  55. gan saya sudah aktifi telnet, saya ping bisa replay. trus saya coba telnet 192.168.1.1 hasilnya could not open connection to the host, on port 23 connect failed.
    tolong bls gan gimana solusinya yang terbaik?

    BalasHapus
  56. saya juga mengalami hal yang sama Gan, tolong bantuannya.

    BalasHapus
  57. mas saya mau tanya gimana solusinya kalau mau ganti password baru tp link 3420 tapi pasword bawaan Nya sudah tidak ada

    BalasHapus