Minggu, 20 Mei 2012

Puasa Bulan Rajab


Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang diutamakan dalam penanggalan Islam, perlu kita ketahui bahwa ada 4 bulan yang diutamakan dalam Islam yaitu Dzulqa'dah (Selo: bhs Jawa), Dzulhijjah (Besar), Muharram (Suro), dan Rajab (Rejeb). Dan sesuai yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW kita disunnahkan untuk berpuasa di bulan-bulan ini. Sabda Nabi SAW, “Puasalah pada bulan-bulan haram (suci dan mulya).” (Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad).
Nah, kali ini saya akan membahas tentang bulan Rajab yang Insya Allah akan jatuh pada tgl 22 Mei 2012. Adapun peristiwa besar di bulan ini yang tidak boleh dilupakan adalah peristiwa Isra' Mi'raj nya Rasulullah SAW, dan pertama kalinya diperintahkan ibadah shalat. Rasulullah bersabda : " Rajab adalah bulan Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku ". Maka tidak salah jika kia mulai lebih meningkatkan rasa cinta kita terhadap Rasulullah SAW. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melakukan ibadah puasa sunnah.

Adapun mengenai waktu pelaksanaannya tidak ada batasan, asal masih berada di bulan Rajab. Namun, ada beberapa hadits yang menerangkan beberapa keutamaan di hari-hari tertentu.
Berikut beberapa referensi yang saya dapat, dan mungkin bisa menjadi acuan kita :
- Barang siapa yang berpuasa satu hari dalam bulan ini dengan ikhlas, maka pasti ia mendapat keridhaan yang besar dari ALLAH SWT,
- Dan barang siapa berpuasa pada tgl 27 Rajab 1427/Isra Mi’raj akan mendapat pahala seperti 5 tahun berpuasa,
- Barang siapa yang berpuasa dua hari di bulan Rajab maka akan mendapat kemuliaan di sisi ALLAH SWT,
- Barang siapa yang berpuasa tiga hari yaitu pada tgl 1, 2, dan 3 Rajab maka ALLAH akan memberikan pahala seperti 900 tahun berpuasa dan menyelamatkannya dari bahaya dunia, dan siksa akhirat,
- Barang siapa berpuasa lima hari dalam bulan ini, Insyaallah permintaannya akan dikabulkan,
- Barang siapa berpuasa lima belas hari dalam bulan ini, maka ALLAH akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan menggantikan kesemua kejahatannya dengan kebaikan, dan barang siapa yang menambah (hari-hari puasa) maka ALLAH akan menambahkan pahalanya.”

Dan, satu lagi keuntungan bagi orang yang mau puasa sunnah di bulan ini dan paling sering kita dengar adalah ia akan mendapatkan minuman dari bengawan Rajab. Seperti sabda Rasulullah SAW, " Sesungguhnya di surga ada suatu sungai bernama " Rajab", warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa yang berpuasa satu hari dalam bulan Rajab, maka akan di beri minum oleh Allah dari sungai itu." (HR. Bukhari Muslim).

Oleh karena itu jangan tunda-tunda lagi, sekaranglah saatnya kita meningkatkan kualitas ibadah kita, mulai dari hal terkecil sekalipun, jika tahun kemaren kita tidak sempat puasa bulan rajab, maka niatlah dari hati yang paling tulus dan ikhlas mulai tahun ini dan seterusnya kita tidak melewatkan kesempatan terbaik ini. Apalagi Allah sudah menjanjikan pahala yang begitu luar biasa.

 Adapun Niat Puasa Rajab adalah :
نويت صوم شهر رجب سنة لله تعالى
( Nawaitu Shouma Syahra Rojaba Sunnatal Lillahi Ta'ala )

Artinya :" saya niat puasa bulan Rajab, sunnah karena Allah ta'ala"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar