Senin, 04 Juni 2012

Memperbaiki CD/DVD Room Rusak Dengan Alat Sederhana


CD/DVD Room merupakan suatu perangkat tambahan di sebuah PC/Laptop yang digunakan untuk membaca kaset CD/DVD. Saat ini mungkin agak susah jika mencari CD/DVD Room second di toko-toko komputer, yang ada pasti kita akan ditawari barang baru yang tentunya harganya tidak sesuai dengan budget kita. Mungkin kalau kita tidak terlalu sering menggunakan CD/DVD Room tidak menjadi masalah yang begitu berarti alias cuek aja kalau rusak. Berbeda dengan orang yang pekerjaannya tergantung sekali dengan alat yang satu ini seperti pegawai dibidang percetakan dan edit foto/video.
Kalau anda berpikir CD/DVD Room yang rusak tidak bisa diperbaiki, maka itu sama dengan apa yang saya pikir waktu pertama kali menjumpai masalah itu. Salah satu masalah yang sering saya dapatkan adalah CD/DVD Room terdeteksi di komputer, namun bila diisi dengan kaset dan mau dibuka isinya ternyata muncul pesan “please insert disk into drive ...”, mungkin dugaan kita adalah kasetnya yang rusak, namun setelah diganti dengan kaset lain yang terbukti normal dan baru ternyata tetap tidak bisa dibuka isinya.

Jika anda mengalami masalah seperti diatas, janganlah berputus asa dulu dan jangan terburu-buru membawanya ke tukang service. Sebaiknya cobalah trik yang sudah saya praktekkan dan terbukti maknyus :
  1. Lepaskan CD/DVD Room dari PC/komputer anda.
  2. Bukalah laci CD/DVD Room yang biasanya digunakan untuk menaruh kaset, caranya dengan menusuk lubang kecil dibawahnya dengan kawat kecil, maka akan terbuka secara otomatis, bila tetap tidak mau terbuka colokkan CD/DVD Room ke power supply di komputer dan tekan tombol eject seperti yang biasa dilakuakan untuk memasukkan kaset jika sudah terbuka,cabut lagi kabel powernya.
  3. Lepaskan semua baut yang menempel di casing CD/DVD Room (biasanya dibawah) dan lepaskan penutupnya. Maka akan terlihat isinya berupa papan sirkuit (warna hijau) dan beberapa komponen yang saling terhubung.
  4. Lepaskan papan sirkuit dari casing, caranya dengan mencabut kedua klip plastik yang menempel.
  5. Setelah fleksibel sudah terlepas, seharusnya sekarang sudah terlihat mekanisme CD ROM dan optical assembly-nya, yaitu pembaca data dengan cara menembakkan laser ke CD Perhatikan gambar yang diperbesar dibawah ini. Pada gambar atas yang saya tunjukkan terdapat sebuah trimpot, yaitu sejenis potensiometer yang fungsinya seperti Volume di speaker.

  6. Trimpot ini adalah sebagai pengatur tingkat kekuatan laser yang dipancarkan, atau bahasa kerennya Laser Gain. Triknya adalah, putar sedikit trimpot ini searah jarum jam menggunakan alat apa saja. Bisa dengan tang lancip atau obeng mini, tapi jangan terlalu kuat saat menekannya dengan tang, karena bisa remuk. Putar sedikit saja dan perhatikan apakah trimpot sudah benar terputar.
  7. Pasang semua komponen CD/DVD Room seperti sedia kala dan silahkan pasang di komputer anda, dan lihat hasilnya.
Jika masalah diatas tidak menyelesaikan masalah anda, maka kemungkinan besar CD/DVD Room anda sudah terlalu tua dan waktunya pensiun. Demikian artikel dari pengalaman saya, semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar