Sabtu, 02 Juni 2012

Mengobati Mata Timbilan, Timbilen, atau Bintitan

Timbilan (timbilen bhs jawa) bintitan (bhs indonesia) atau Hordeolum (bhs medis) adalah infeksi atau peradangan pada kelenjar di tepi kelopak mata bagian atas maupun bagian bawah yang disebabkan oleh bakteri, biasanya oleh kuman Stafilokokus (Staphylococcus aureus). Hampir setiap orang pasti pernah mengalami penyakit yang satu ini, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Apalagi jika penyakit ini menyerang remaja, bisa mengurangi kadar ke-PD an sampai 90%.


Selain itu biasanya penyakit ini juga menimbulkan efek yang negatif di bagian tubuh yang lain seperti timbul rasa meriang dan tidak enak badan, sehingga akan sangat mengganggu sekali untuk beraktifitas sehari-hari. Sebenarnya penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya, jika si kuman Stafilokokus sudah tidak betah dan mungkin tidak kuat bayar kos/kontrak di kelopak mata seseorang yang ditinggalinya, namun biasanya memakan waktu 7-10 hari yang biasanya ditandai dengan meletusnya benjolan di kelopak mata disertai keluarnya nanah.

Namun, tenggang waktu 7-10 hari bukanlah waktu yang singkat, apalagi bila si penderita tidak mempunyai kadar ke-PD an tingkat dewa, bisa bisa cuma mengurung diri di dalam kamar,tidak mau makan,minum,mandi dan sekolah, tentunya sangat merepotkan orang tua juga kan. Lalu, bagaimana cara kita agar bisa terhindar dari penyakit ini atau jika sudah terlanjur terjangkit bagaimana cara mengatasinya. Simaklah baik-baik tips dibawah ini.

Untuk mencegah agar tidak terjangkit penyakit ini:
    • Jaga kebersihan diri, mandi minimal 2x sehari pakai sabun.
    • Jangan sering mengucek ucek mata, apalagi jika tangan kita tidak steril. Lebih baik buat ucek-ucek baju.
    • Berwudhu minimal 5x sehari.
    • Hindarkan mata kita dari kemaksiatan atau hal-hal yang berbau HOT dan sering sering digunakan untuk melihat hal-hal yang baik.

Jika sudah terlanjur terjangkit :
    • Jangan panik, dan jangan memencet kelopak mata dengan tangan.
    • Ambillah bawang putih 1 siung, potong jadi 2 dan oleskan getahnya di kelopak mata yang terinfeksi, lakukan 2 kali sehari pagi setelah mandi dan malam sebelum tidur.
    • Jika belum parah, biasanya dalam waktu 2 x 24 jam, penyakit akan sembuh. Namun jika sudah parah, maka akan mempercepat proses peletusan/pengeluaran nanahnya.
    • Jika sakit berlanjut hubungi dokter.

Itulah mungkin beberapa tips yang bisa anda terapkan, dan semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya.

18 komentar:

  1. saya baru sadar terkena pagi td..
    infonya patut di coba

    BalasHapus
  2. ternyata perih jg ya dikasih bawang putih :)

    BalasHapus
  3. bang, saya mau nanya, ini uda mau 3 bulan bintitan cuma mengecil, ga ilang2 atau pecah, tapi masih suka gatel. gimana ya solusinya, mohon pencerahannya. terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiknya konsultasikan ke dokter aja bang, khawatir nanti itu bukan bintitan. Soale klo bintitan tu biasanya rasanya sakit, tp tdk gatal

      Hapus
    2. waduh ngeri juga, size nya mengecil drastis,tp kadang kalo gatel suka merah gitu.
      oh iya kalo insisi atau operasi, biasanya biayanya berapa ya mas?

      Hapus
    3. Saya juga gak tau bang, belum pernah operasi juga soalnya.

      Hapus
  4. wah, artikel sangat membantu, thanks ya!
    :)

    BalasHapus
  5. itu di ksh bawang putihnya ke dalam timbil yg di dalam kelopaknya ya mas? makasih

    BalasHapus
  6. dikasi bawang putih,,ngaco nih artikel,,perih goblok

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibaca & pahami dulu gan,biar ndak salah paham. Temani dengan secangkir kopi....

      Hapus