Senin, 18 Juni 2012

Pemutar Musik/MP3 di Linux Ubuntu

Musik adalah salah satu teman sejati yang sangat berarti dan selalu setia di saat kita sedang bermain-main atau bekerja dengan komputer. Tidak heran jika kita terbiasa ditemani oleh si Mrs.Music ini terasa sangat garing sekali jika tidak mendengar lagu-lagu kesukaan kita mengalun merdu di sound/speaker aktif kita.

Saat pertama kali saya mencoba OS Linux Ubuntu 11.10 sempat merasa bingung dan galau waktu mencari aplikasi pemutar musiknya. Di aplikasi bawaannya sebenarnya sudah tersedia pemutar MP3 nya yaitu Banshee Media Player, namun ketika saya putar salah satu lagu, suaranya kecil sekali dan hampir tidak terdengar. Sedangkan untuk mencari tombol volume nya juga tidak tahu entah dimana lokasinya.

Akhirnya setelah kesana kemari tanya sama Om Google saya tertarik dengan salah satu pemutar MP3 berbasis terminal, dengan tampilan sederhana dan cara pengoperasian yang cukup mudah, dan yang saya suka file nya sangat kecil, cocok dengan kecepatan donlot koneksi saya yang rata-rata hanya 3,5 kbps. Yup, dia adalah si MOC Player, dari segi tampilan memang tidak begitu menarik, tapi dari segi fasilitas jangan diragukan lagi. Bahkan dengan sound kecil harga murahan sekalipun bisa disetting powerfull dengan program ini. Yang penasaran bisa liat penampakannya di bawah ini.





Buat temen- temen yang penasaran pengen nyoba silahkan ikuti petunjuk penginstalannya tahap demi tahap :

  1. Buka Terminal (menu Aplikasi-Aksesoris-Terminal),
  2. Ketikkan "sudo apt-get update" (tanpa tanda petik) lalu Enter, dan tunggu sampai proses selesai,
  3. Jika sudah selesai ketikkan lagi "sudo apt-get install moc" (tanpa tanda petik) lalu Enter,
  4. Masukkan password administrator anda,
  5. Jika muncul konfirmasi jawab "Y" saja, dan proses penginstalan akan berlangsung otomatis,
  6. Jika proses penginstalan telah selesai, coba jalankan dengan mengetikkan perintah "mocp" (tanpa petik) lalu Enter,
  7. Arahkan ke folder dimana anda menaruh file MP3 dengan tombol anak panah di keyboard  dan tekan Enter untuk memainkannya, tekan tombol "a" di keyboard untuk mengumpulkannya di playlist, tekan tombol "." untuk menambah volume dan "," untuk mengurangi.
  8. Untuk perintah yang lain bisa anda lihat di kamusnya dengan menekan tombol "h" atau "?" di keyboard, karena semua tombol keyboard memang difungsikan untuk menjalankan aplikasi ini, jadi hati-hati jangan sampai salah tekan. Untuk kembali ke menu utama tinggal tekan sembarang tombol.

Akhirnya selamat bermusik ria bersama Linux, dan jangan berhenti untuk terus belajar OS yang satu ini, ingatlah tidak ada orang yang lahir bisa langsung menjadi mahir.

Oiya, kalau dengar adzan dipause dulu ya musiknya (tekan spasi), berhenti sejenak untuk mendengar seruanNya, syukur jika langsung pergi wudhu dan shalat berjama'ah.

1 komentar: