Rabu, 26 September 2012

Update & Upgrade MSE (Microsoft Security Essential)

MSE atau Microsoft Security Essential adalah satu-satunya antivirus favorit saya sejak peluncurannya pertama kali. Karena antivirus ini dapat bekerja dengan baik di OS Windows XP saya. Update nya cukup mudah, bisa secara online (langsung) atau offline (manual) walaupun file update nya cukup besar, diatas 60 MB. Tapi tidak masalah karena hal itu sudah terbayar dengan performanya yang sangat baik untuk mendeteksi virus lokal maupun impor.



Untuk saat ini MSE sudah diupgrade tampilannya tidak seperti saat pertama kali dilaunching, sehingga kalau anda adalah pengguna lama dari MSE ini ada baiknya untuk segera mengupgrade versinya ke versi sekarang/terbaru karena pasti versi sekarang lebih baik dari versi lama nya. Untuk mengupgrade nya bisa secara online ataupun offline.

Untuk yang online caranya adalah sebagai berikut:
1. Pastikan anda terkoneksi ke internet
2. Buka MSE dan di tab update klik "update"
3. MSE akan secara otomatis mendownload file update terbarunya.
4. Setelah proses update selesai, MSE akan mengeluarkan lagi notifikasi untuk upgrade versi, biasanya muncul langsung di pojok kanan bawah.
5. Tinggal klik upgrade now maka MSE akan mendownload file upgrade nya secara otomatis sampai selesai.

Namun, bagi anda yang tidak memiliki koneksi internet di rumah, atau koneksi internet anda tidak memadai alias lemot maka ada baiknya anda menggunakan cara offline dibawah ini:

1. Pergi ke warnet yang memiliki koneksi cukup dahsyat.
2. Download file update MSE disini.
3. Download file upgrade nya disini.
4. Simpan kedua file tadi di flashdisk dan pindah ke PC/Laptop mu.
5. Double klik file mpam-fe.exe dan tunggu sampai 2 menit agar database virus MSE diupdate.Tanda sudah update atau belum adalah dengan berubahnya icon MSE di pojok kanan bawah yang awalnya kuning menjadi hijau. Jika setelah 2 menit tidak berubah hijau double klik saja icon MSE nya lihat tulisan "Virus and spyware definitions" pastikan sudah "up to date". Dan itu berarti sudah update.
6. Setelah berubah hijau/up to date, double klik file mseinstall.exe yang anda download dari warnet tadi dan ikuti langkah-langkahnya (tinggal klik next dan next sampai finish).
7. Jika sukses maka tampilan MSE anda akan berubah menjadi lebih gelap dan berbeda dari tampilan sebelumnya.

Demikian info dari saya semoge bermanfaat untuk pembaca.
Bagi yang pengen nyoba MSE bisa download file nya disini, setelah diinstal di komputer, tinggal update aja dan tidak perlu diupgrade lagi karena masternya sudah versi terbaru.

3 komentar: