Minggu, 17 Februari 2013

Membuat Text/Tulisan Berjalan Dengan Pascal

Hari ini saya dapat tugas membuat bagaimana agar tulisan "Teknik Informatika Undar" bisa berjalan dari kiri ke kanan, lalu balik lagi ke kiri memakai bahasa pascal. Setelah browsing sana sini ternyata susah juga menemukan script yang dapat berjalan mulus tanpa error.


Namun, kebetulan teman saya mengingatkan suatu hal kepada saya, yaitu menggunakan bahasa QBasic yang pernah kami pelajari dulu. Dan dengan semangat saya coba cari-cari file di flashdisk dan hardisk saya ternyata tidak ada (langsung drop). Untunglah saya masih menyimpan buku catatannya dan ternyata masih ada scriptnya (balik 100% lagi).

Setelah diutak-utik bentar, akhirnya jadilah sebuah script pascal yang ciamik dan bisa jalan-jalan, hahahaha (joget gangnam style). Okeh, yg mau nyoba silahkan di copas:

Uses Crt;
Var
a,j : byte;
kata,temp :string;
delay : longint;

Begin
Clrscr;
kata :='Teknik Informatika Undar';
GotoXY(30,2); Writeln('PROGRAM JALAN-JALAN');
GotoXY(30,3); Writeln('===================');

for a := 1 to 56 do
        Begin
                GotoXY(a,5);
                Writeln(kata);
        For delay := 1 to 50000000 do;
        If a < 70 then
                Begin
                        GotoXY(a,5);
                        Writeln(' '+ kata);
                End;
        End;
For j := 57 downto 1 do
        Begin
                GotoXY(j,5);
                Writeln(kata);
        For delay := 1 to 50000000 do;
        If j > 1 then
                Begin
                        GotoXY(j-1,5);
                        Writeln(kata+' ');
                End;
        End;
End.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar