Kamis, 07 Februari 2013

Solusi Untuk HP Yang “Game Default Tidak Dapat Diperbarui”

Terkadang jika kita mau menginstall aplikasi semacam Opera Mini di HP China muncul keterangan “Game Default Tidak Dapat Diperbarui” sungguh sangat menjengkelkan sekali bukan. Hal ini disebabkan karena di HP tersebut sudah terinstal Opera Mini bawaan HP itu sendiri dan sudah dipatenkan, sehingga kalau ingin kita Update dengan versi terbaru akan muncul keterangan seperti diatas.
Namun jangan kuatir, ini saya beri sedikit trik untuk mengakalinya :
  1. Download file mentah berextensi .jar Opera Mini disini, untuk versinya terserah anda pilih yang mana saya contohkan disini Opera Mini 6.5.jar
  2. Jika anda pengguna Windows, install dulu aplikasi WinRAR yang bisa anda sedot disini. Tapi jika anda pengguna Linux tidak usah.
  3. Tempatkan file hasil download an anda tadi dalam suatu Folder misalnya Opmin Editor. Extract hasil download anda tadi . Caranya dengan klik kanan pada Opera Mini 6.5.jar pilih Extract Here maka akan keluar hasil extract nya. Biar selanjutnya tidak bingung hapus/pindahkan dulu file Opera Mini 6.5.jar ke folder lain.
  4. Double klik folder META-INF, didalamnya ada satu file bernama MANIFEST.MF klik kanan - open with other apllication pilih Notepad (pengguna Windows) atau Text Editor (pengguna Linux) lalu klik OK.
  5. Setelah terbuka ganti semua tulisan Opera Mini dengan Opera Mini 6 atau terserah anda sendiri, intinya harus beda dengan nama default/aslinya. Silahkan Close/Exit dan jika ada konfirmasi jawab “Yes” saja agar pekerjaan anda tersimpan.
  6. Nah, langkah terakhir dari pekerjaan ini adalah dengan menjadikan semua file yang ada di folder Editor Opmin menjadi satu file. Blok semua isi folder Editor Opmin atau langkah cepatnya tekan CTRL+A, setelah terblok semua klik kanan di salah satu file tadi lalu pilih Compress and ZIP file. Beri nama opera Mini 6.jar
  7. Setelah semua selesai tinggal copy kan file yang sudah jadi tadi ke HP anda dan coba install seperti biasa.
Gimana, mudah bukan....... Selamat mencoba dan jangan lupa share disini hasilnya.
Sorry, g ada gambarnya. G sempat printscreen...... Hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar