Kamis, 02 Mei 2013

Laptop Tidak Muncul Loading Windows

Sudah 3 kali ini saya dapat pasien laptop yang mengalami masalah saat booting, dimana saat pertama kali dinyalakan yang muncul hanya layar hitam saja alias tidak mau booting dan di beberapa merk laptop tertentu kadang muncul bunyi beep,beep,beep dan tetap nge-blank.

Awalnya saya berpikir yang bermasalah adalah slot memory nya, karena biasanya kalau PC biasa muncul seperti itu cukup dibersihkan slot memory nya saja dan semua kembali normal. Namun ternyata dugaan saya salah, setelah saya bongkar sampai ke RAM nya hasilnya mengecewakan, karena tetap tidak bisa booting dengan normal.


Dan, setelah googling sana sini ternyata masalah utamanya cukup simple, yaitu “keyboard”. Yah, keyboardnya ternyata yang udah rusak, saya coba booting tanpa keyboard hasilnya sungguh mengejutkan, laptop kembali booting normal dan tidak bermasalah.

Akhirnya solusinya adalah ganti keyboard dengan yang baru, dan semua masalah pasti beres. Namun, bagi anda yang belum punya budget untuk beli yang baru jangan kuatir, saya kasih trik untuk bisa booting walau keyoardnya rusak. Cekidot:

  1. Pertama kali dinyalakan, langsung pencet tombol “Enter” berulang-ulang sampai muncul loading Windows nya, dan tunggu sampai masuk desktop utama.
  2. Ketika sudah masuk desktop, biasanya untuk klik di mouse tidak berfungsi, karena ada salah satu tombol di keyboard yang dideteksi masih dalam kondisi mencet, tekan sembarang tombol untuk menonaktifkannya misal tombol “anak panah keatas”.
  3. Coba untuk lik kiri di menu “Start” jika sudah muncul menunya berarti laptop sudah bisa dipakai lagi.

Demikianlah yang dapat saya beberkan disini, sehingga tak perlu sudah-susah bawa ke service hanya untuk ganti keyboard saja. Semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. ganti keyboard laptop gmn

    BalasHapus
  2. beda merk biasanya beda caranya, silahkan tanya mbah google/ cari di youtube agar lebih jelas.

    BalasHapus
  3. kata pencarian nya apa ya gan kalo buat di search di youtube
    thanks gan

    BalasHapus