Sabtu, 22 September 2012

Cara Mengatasi Kesulitan Tidur (Insomnia)

Insomnia adalah istilah untuk menggambarkan seseorang yang mengalami kesulitan tidur setiap malam. Sangat menjengkelkan sekali jika kita mengalami hal tersebut. Apalagi bagi orang yang tidak mempunyai banyak waktu untuk istirahat tentunya hal ini sangat mengganggu sekali.
Padahal, menurut para ahli kita membutuhkan waktu 8 jam sehari untuk tidur sehingga otak kita dapat istirahat dan untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa hal yang menyebabkan insomnia adalah :

- Beban pikiran/stress,
- Kebanyakan minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi,
- Terlalu banyak tidur di siang hari,
- Tubuh terlalu capek sehingga kalau dipakai berbaring di kasur serasa diatas paku.

Beberapa cara banyak dilakukan orang untuk mengatasi masalah tidur ini mulai dari cara yang tradisional dan murah meriah yaitu berhayal sambil menghitung kambing yang lompat-lompat diatas kepala
sampai cara yang modern dengan meminum obat tidur.

Namun, menurut pengalaman saya, cara-cara seperti itu tidak terlalu ampuh untuk mempercepat kita untuk tidur, namun beberapa bulan terakhir ini saya mencoba salah satu cara yang saya rasa sangat
ampuh sekali untuk menghilangkan insomnia. Cara ini saya dapat waktu bulan puasa lalu secara tidak sengaja saat naik bus jurusan Surabaya dan diatas bus ada penjual buku yang menawarkan macam-macam buku, tapi saya hanya melihat sekilas isi buku tersebut dan tidak membelinya karena hanya punya duit pas-pasan.
Cara yang saya maksud adalah saat kita sudah berbaring diatas kasur, bacalah shalawat :

" Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad Wa 'Ala Ali Sayyidina Muhammad"

sebanyak 100 kali sebelum tidur.
Awalnya saya berpikir 100 kali itu adalah nilai yang besar dan butuh waktu yang lama sekali, padahal kalau sudah dipraktekkan untuk mencapai angka 100 tidak sampai butuh waktu 10 menit. Dan biasanya, belum sampai 100 kali pun kita sudah terlanjur terlelap tidur.

Cara ini saya akui memang sangat ampuh sekali, dan patut untuk dicoba. Efek lain dari kita membaca shalawat ini adalah mimpi yang kita dapatkan hanya mimpi yang baik dan dijauhkan dari mimpi buruk.
Dan alangkah baiknya sebelum membaca shalawat tersebut bacalah dulu doa sebelum tidur:

"Bismika Allahumma Ahya Wa bismika Ammut"

Lalu, setelah bangun tidur, langsung baca doa:

"Alhamdu Lillahi Akhyana Ba'dama Amatana Wa Ilaihinnuzur"

Demikian, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk menuliskan pengalaman anda di kolom komentar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar